Diajukan untuk Memenuhi Sebagian Tugas Perkuliahan Mata Kuliah Kewirausahaan
Dosen :
Erma Handarsari, S.Pd., M.Pd
Diajukan oleh :
Rihadatul Aisy G2B014004
Aysha Ayunda A G2B014007
Ratna Sari G2B014012
Rifka Khosimatul W G2B014020
Dewi Mustika S G2B014023
PROGRAM STUDI S1 ILMU GIZI
FAKULTAS ILMU KEPERAWATAN DAN KESEHATAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG
TAHUN 2017
______________________________________________________
A. Nama Produk
“Es Mesem”
B. Latar Belakang Produk
Es mesem ini berasal dari kata “Me” mentimun dan “sem” semeriwing. Semeriwing berasal dari rasa soda yang ada didalam minuman tersebut. Minuman ini berbahan dasar mentimun serut yang ditenggelamkan oleh air soda ditambah dengan kenyalnya nata de coco dan manisnya sirup serta es batu. Menjadikan minuman ini terasa segar disiang hari.
C. Tujuan
Tujuan yang dicapai adalah pengembangan resep dan modifikasi yang diterima oleh konsumen.
Dalam segi marketing : menjual masing 40 biji
D. Sasaran
Sasaran yang dicapai adalah mahasiswa UNIMUS, tetangga kos, karyawan dan dosen UNIMUS, keluarga
E. Cara Marketing
Teknik marketing yang digunakan untuk memasarkan produk ini melalui pemasaran langsung yaitu dengan menawarkan secara langsung kepada konsumen dan menawarkan free ongkir bagi konsumen.
F. Rencana Produksi :
1. Bahan
- Mentimun
- Selasis
- Jeruk Nipis
- Nata de Coco
- Sirup Melon
- Sprite / Air Soda
- Air Mineral
- Es Batu
2. Cara Membuat
a. Siapkan bahan dan alat
b. Serut mentimun yang sudah dikupas dan dibersihkan dari bijinya
c. Tuang sirup ke dalam gelas cup
d. Masukkan timun yang sudah diserut dan nata de coco
e. Masukkan es batu secukupnya
f. Tuang sprite dan sedikit air mineral
g. Beri perasan jeruk nipis dan selasih secukupnya
h. Tutup gelas cup, dan minuman siap di pasarkan
3. Anggaran
Bahan
|
Berat
|
Total
|
Mentimun
|
2 kg
|
Rp 20.015,-
|
Sirup melon
|
2 botol
|
Rp 32.000,-
|
Big Lime
|
3 botol
|
Rp 30.000,-
|
Jeruk nipis
|
200 gr
|
Rp 2.990,-
|
Nata de Coco
|
1 pcs
|
Rp 12.290,-
|
Air mineral
|
1 botol
|
Rp 2.690,-
|
Es batu cristal
|
1 sak
|
Rp 12.000,-
|
Gelas + tutup
|
1 pack
|
Rp 13.000,-
|
Sedotan
|
1 pack
|
Rp 10.000,-
|
Shop bag
|
4 pcs
|
Rp 800,-
|
TOTAL
|
Rp 135. 785,-
|
G. Pembahasan Analisa SWOT
Strength
|
Weakness
|
Opportunities
|
Threats
|
- Bebas bahan pengawet
- Buatan sendiri
- Untuk kalangan mahasiswa
|
- Banyak pesaing
- Modal yang kurang
- Tenaga kurang
- Waktu terbatas
- Tidak dapat bertahan lama
|
- Praktis
- Harga terjangkau
|
- Banyaknya pesaing
- Tempat yang kurang menyebar
|
H. Kesimpulan
Proses pembuatan yang mudah memudahkan dalam proses pembuatannya. dengan harga yang terjangkau dan kemasan yang praktis dapat menarik minat pembeli untuk membelinya. Karena waktu yang terbatas jadi cukup sulit untuk menentukan kapan waktu yang tepat untuk pembuatannya. Dan karena minuman tidak dapat bertahan lama karena ada es nya jadi harus habis pada saat itu juga.
I. Lampiran
1. Dokumentasi Produk
2. Dokumentasi Proses Pembuatan
0 Response to "LAPORAN KEWIRAUSAHAAN : ES MESEM"
Post a Comment